2010年1月16日土曜日
F.A.Q.

F.A.Q.
Frequently Asked Question

(Hal-hal yang Sering Ditanyakan)


Teknis
Q: Saya ingin mengedit avatar, tapi kenapa tak berhasil?
A: Coba cek dulu, ukuran avatar yang Anda pakai sesuai atau tidak dengan aturan? Maksimal 100x100px. Kalau ternyata sudah dan masih belum berhasil, coba upload gambarnya via image hosting seperti photobucket.com, imageshack.com, tinypic.com, atau yang lain. Setelah itu, baru Anda masukkan url-nya.

Q: Saya sudah mengganti avatar saya, tetapi kenapa yang muncul masih yang lama?
A: Coba Anda remove dahulu avatar lama yang Anda gunakan sebelum memasukkan avatar baru.

Q: Bagaimana cara menghitung kata?
A: Coba Anda copy paste text yang ingin Anda hitung katanya ke Ms. Word. Masuk ke Tools > Word Count. Kalau mau cara mudahnya, silakan lihat dibawah reply box, disana terdapat fitur word count otomatis.

Q: Perlu berapa post hingga jumlah post bertambah? Padahal post saya lebih dari satu.
A: Kami menghitung berdasarkan post in-chara, bukan out-chara. Otomatis, post-post seperti thread pertanyaan atau gallery tidak akan kami hitung menjadi jumlah post.

Q: Kenapa saya tidak bisa mengirim PM, padahal inbox saya tidak penuh?
A: Mungkin karena inbox si penerima PM sudah penuh.

Q: Bagaimana cara menghapus double post?
A: Silakan laporkan kemari berhubung hanya Staff yang dapat menghapus post.

Q: Bolehkah saya mengganti visualisasi?
A: Selama Anda belum memasang avatar atau signature, serta visualisasi Anda belum dimasukkan ke Daftar Visualisasi, masih diizinkan. Begitu pula jika post Anda masih di bawah 3. Bila nama chara Anda sudah tercantum di Daftar Visualisasi, Anda tidak boleh berganti visualisasi. ATAU jika chara Anda sama sekali belum ber-role-play. Satu untuk selamanya.

Q: Sebenarnya boleh atau tidak booking visualisasi dengan cara memajang signature-nya di Siggy and Ava Gallery?
A: Tidak. Sebelum chara-nya ter-registrasi, visualisasi tersebut terdaftar di "Registrasi Karakter" dan masuk ke daftar Visualisasi yang sudah terpakai, visualisasi dianggap belum ada yang punya, dan bebas dipakai siapapun. Jadi bisa dibilang 'booking visualisasi dengan memajang signature chara yang belum terdaftar di Gallery' itu tidak berlaku.

Q: Visualisasi karakter saya laki-laki, tapi karakter saya sendiri perempuan. Visualisasi karakter saya sendiri mirip sekali dengan perempuan. Boleh tidak saya pake visualisasi ini sementara karakter saya tetap perempuan?
A: Selama Anda tidak menggunakan visualisasi ini dalam sosok lelakinya, kami izinkan.

Q: Dimana jika saya ingin menghapus chara saya ini?
A: Silakan menghubungi salah satu staff Ryokubita. Kami memang tidak membuatnya atas banyak pertimbangan yang telah kami rampung matang-matang.

Q: Apakah saya bisa mengganti nama chara saya?
A: Silakan menghubungi staff untuk layanan penggantian nama.

Q: Mengenai kutipan ucapan orang lain, pakai warna putih tak apa?
A: Kami menyarankan untuk menggunakan #c0c0c0 atau #c9c299 untuk warna kutipan karena Ryokubita mengenakan dua skin yang cukup bertabrakan.


ISTILAH RYOKUBITA
Q: Istilah-istilah yang dipakai di Ryokubita kurang dapat dimengerti. Bisa bantu menjelaskan?
A: Touroku = Registered Member; Shin Gakusei = siswa baru; Urite = seller; Gakusei = siswa; Shikigami—silakan gunakan jasa Oom Google untuk mengetahui jenis makhluk macam apa ini atau disarankan untuk membuka serta kamus Indonesia-Jepang-Indonesia.


PERJALANAN SEBELUM KE RYOKUBITA
Q: Chara saya tidak mengenal latar belakangnya, bagaimana cara mengisi biodata bagian latar belakang?
A: Silakan cantumkan bahwa chara Anda memang tidak mengetahui latar belakangnya. Mengenai nama orang tua / kerabat, silakan cantumkan nama wali / orang terdekat / orang dewasa yang sekiranya mampu menyokong kehidupan karakter Anda. Dalam proses RP-nya nanti terdapat progress, Anda dapat mengeditnya, tentu saja.

Q: Ketika jumlah post saya masih kurang untuk bisa ikut seleksi hingga batas waktu yang telah ditentukan. Apa yang harus saya lakukan?
A: Tentunya karakter yang tidak sampai ke seleksi akan dipending hingga term-term selanjutnya. Batas maksimal adalah 2 term, dimana jika dalam 2 term tidak mendaftarkan ulang karakternya dalam tempat yang telah disediakan, maka akan segera kami hapus.

Q: Chara saya dipending term kemarin. Apakah term sekarang harus post di thread registrasi chara lagi?
A: Tidak perlu. Namun sebelum melanjutkan permainan, Anda WAJIB mengepost di thread Registrasi Chara Pending yang disediakan.

Q: Apakah chara yang dipending akan dihapus?
A: Jika selama 2 term tidak mengisi thread Registrasi Chara Pending dan selama 2 term itu masih belum lolos seleksi, maka kami akan segera menghapusnya.

Q: Status saya sudah Gakusei, tapi kenapa saya belum bisa lihat Akita Station?
A: Silakan lihat kembali jadwal out-RP-nya, kapan Akita Station dibuka.

Q: Chara saya terpending, selama pending itu, apakah chara saya tetap bertambah umur sesuai berjalannya waktu di Ryokubita?
A: Itu terserah Anda sebagai PM. Anda boleh merancang plot apakah chara Anda memang tertinggal Shinkansen, atau sakit hingga tidak bisa berangkat ke Ryokubita (jika begini, otomatis chara Anda bertambah umur). ATAU Anda dapat merancang bahwa chara Anda memang pada term sebelumnya belum pernah muncul di Jumonji maupun Fujisaki. Dengah begitu, Anda dapat membuat chara Anda tetap pada umur saat ini.

Q: Jika chara saya ter-pending atau menolak masuk Ryokubita, apa yang terjadi pada buntalan hijau yang diberi si Tanuki?
A: Buntalan hijau itu akan dengan otomatis terbakar hingga tak bersisa tepat pada saat Ryokubita Shinkansen berangkat.

Q: Seandainya sampai batas waktu yang ditentukan jumlah post karakter belum mencapai jumlah yang seharusnya, bagaimana nasib karakter tersebut?
A: Otomatis ter-pending hingga term selanjutnya; dan pada term selanjutnya Anda harus menjalani prosedur chara pending sebelum memainkannya kembali.

Q: Bagaimana dengan tongkat? Apakah harus mengarang sendiri tongkatnya seperti apa?
A: Silakan layangkan PM kepada Dainichi Ekibiogami-san untuk pelayanan diluar toko. Anda tentunya dapat mengasumsikan pegawai telah memberikan tongkat kepada Anda di post Anda, tanpa harus menunggu Ekibiogami-san membalas PM Anda.

Q: Untuk Seleksi Asrama, bagaimana jika saya tidak bisa post saat seleksi asrama dibuka padahal jumlah post saya memenuhi?
A: Silakan layangkan PM pada Kepala Sekolah yang sedang bertugas, isinya adalah post seleksi Anda.

Q: Bagaimana kita tahu kita sudah mendapatkan tiket keberangkatan atau kepulangan?
A: Tiket sudah disertakan dalam buntalan hijau ketika menerima surat pada pertama kali. Sementara untuk siswa/i tahun selanjutnya, pihak sekolah akan mengirimkan tiket dan kata kunci baru untuk mengakses stasiun.


PERATURAN RPG
Q: Saya masih bingung dengan apa yang dilakukan setelah registrasi.
A: Pertama-tama Anda post dulu di Character Registration (tolong sebelumnya cek dahulu visualisasi yang hendak digunakan di Face Claim), lalu ke First Letter, kemudian isi Biodata. Setelah ketiga itu dipenuhi, barulah Anda dapat melihat board Fujisaki.

Jika chara Anda merupakan chara pending, Anda wajib mengisi thread Registrasi Chara Pending terlebih dahulu sebelum lanjut mengepost di luar thread lain.

Q: Seperti apa yang disebut "Menggerakkan chara orang lain?"
A: Mendeskripsikan gerakan chara lain, padahal dalam post chara tersebut belum disebutkan kalau dia bergerak seperti itu. Atau mendeskripsikan dialog yang diucapkan chara orang lain, padahal chara tersebut belum mengucapkan dialog itu. Itu dilarang. Kecuali yang sudah mendapatkan persetujuan dari PM chara yang bersangkutan.

Q: Kenapa di Ryokubita diterapkan sistem kuota?
A: Tentunya untuk mempertahankan setting juga kelogisan antara RP dengan keadaan yang sebenarnya terjadi dalam Real World.

Q: Apakah boleh melakukan double posting di thread Rumah? Maksudnya, chara saya kembali post di situ setelah untuk berkali-kali?
A: Thread di board Out-Place dan Hakamadote Housing Area adalah satu-satunya tempat dimana diperbolehkan double post.

Q: Apakah boleh mendeskripsikan keadaan sekitar, misalkan, toko, padahal sebelumnya tidak dideskripsikan oleh sang TS?
A: Boleh-boleh saja, sepanjang yang dideskripsikan bukanlah chara orang lain dan masih sesuai dengan deskripsi yang telah diberikan pada Forum Board.

Q: Apakah boleh berada di dua thread pada waktu bersamaan?
A: Boleh-boleh saja, asalkan berikan keterangan kalau Anda sedang berada dalam waktu yang berbeda. Misalkan, Anda masuk thread B setelah Anda selesai di Thread A.


PERATURAN SEKOLAH DAN HAL-HAL TERKAIT
Q: Bagaimana caranya kita mengetahui Password setiap asrama?
A: Nanti jika Anda telah diputuskan masuk asrama mana, akan ada perwakilan dari tiap Asrama yang akan memberi tahu Password-nya via PM.

Q: Di Ryokubita boleh berjualan tidak?
A: Selama berupa emperan dan tidak berupa toko, diperbolehkan.

Q: Deskripsi kamar di Fujisaki Inn itu seperti apa?
A: Kamarnya berupa kamar Jepang pada umumnya; terdapat futon, lemari geser, dan meja. Atau untuk mempermudah mem-visualisasikannya, silakan lihat gambar-gambar kecil yang ada di forum rules di bagian atas board, di bawah Announcement Board di bawah header.

Q: Sistem bayar di Fujisaki itu bagaimana ya?
A: Diantar dahulu baru bayar setelah selesai, baik itu makanan maupun kamar.

Q: Pergantian tanggal RP dihitungnya seperti apa?
A: Mengenai iklim dan musim dapat dilihat di Announcement Box sebelah kanan, mengenai perhitungannya, dapat di cek disini.

Q: Chara saya bisu, apakah chara saya boleh memiliki sihir untuk membuat orang mengerti bahasa isyarat meski orang yang diajak berinteraksi tidak mengerti bahasa isyarat sebelumnya?
A: Sebenarnya ilmu sihir itu membutuhkan sihir khusus dan tingkat keahlian tingkat tinggi. Kami menyarankan untuk menggunakan magnetic writing board yang telah disihir agar apa yang chara Anda pikirkan langsung dapat tertulis pada board tersebut.

Q: Best student itu maksudnya apa ya?
A: Best student itu mirip dengan best chara. Dilihat dari keaktifan di luar dan di dalam kelas, termasuk di dalamnya partisipasi dalam klub. Best chara juga dapat menjadi perhitungan kuat untuk masuk ke dalam Himawari Seitokai.

Q: Jadwal libur Ryokubita Akademii itu kapan saja?
A: Untuk libur dimana siswa diperbolehkan pulang ke rumah adalah ketika libur musim dingin (20 Desember-5 Januari) dan libur musim semi (10 Maret-14 April). Sisanya juga ada, seperti libur musim panas (20 Juli-31 Agustus) atau libur musim gugur (11 Oktober-25 Oktober), namun siswa/i tidak diperbolehkan untuk pulang ke rumah masing-masing. Untuk lebih jelasnya, nanti akan dijelaskan dalam Announcement Box bagian sebelah kanan, tepatnya di bawah keterangan cuaca.

Q: Sistem kamar di Ryokubita seperti apa?
A: Asrama di Ryokubita itu dibagi 2 : gedung perempuan dan gedung anak lelaki. Masing-masing gedung dibagi lagi : (dengan satu genkan untuk menerima tamu), Asrama Kiku, Asrama Sakura, Asrama Bara. Dimana ketiganya bisa dimasuki dengan password tertentu.

Selanjutnya, di dalam tiap asrama itu terdapat kamar. Kamar itu terisi oleh 4 ranjang susun alias dapat ditempati oleh 8 anak per kamar dan satu kamar mandi. 8 anak itu boleh siapa saja dari angkatan mana saja SELAMA masih berasal dari satu asrama yang sama. Selanjutnya, dapat dilihat dari visualisasi-visualisasi kecil yang ada di Forum Rules yang tertera di bagian atas board. Untuk isi kamarnya, harap cantumkan penghuni kamarnya siapa saja dalam post Thread Starter.

Q: Sistem pendidikan di Ryokubita adalah sampai tahun ke-8, sementara chara saya berumur 16 tahun. Apakah dengan begitu chara saya hanya menempuh 2 tahun jenjang pendidikan?
A: Perlu diketahui bahwa umur rata-rata di tahun kedelapan Ryokubita kurang lebih adalah 20 tahunan. Usia minimal untuk memasuki Ryokubita adalah 13 tahun, dan 17 tahun maksimalnya. Jadi misalnya chara Anda berumur 16 tahun dan baru menginjak seleksi asrama, otomatis Anda akan memulai tahun pertama di Ryokubita dalam umur 16 tahun—dan lulus sekitar umur 24 tahun. Untuk lengkapnya, silakan membaca Sejarah Ryokubita.

Q: Bagaimana dengan kelas yang saya tinggalkan? Apakah itu berarti saya tidak lulus?
A: Sebenarnya di Ryokubita, kelas hanya sebagai pelengkap dan salah satu syarat agar mendapatkan best student. Keaktifan di kelas dapat berpengaruh banyak, tentunya juga dapat memberi nilai plus jika Anda ingin lulus cepat dari sekolah.

Q: Binatang peliharaan apa saja yang diperbolehkan dibawa ke Ryokubita?
A: Membawa peliharaan tentu saja dibolehkan, selama binatang-binatang tersebut masih dalam taraf kenormalan yang dapat diterima banyak pihak.

Q: Apakah boleh mengadakan suatu event di luar event yang diadakan oleh Staff?
A: Silakan memberi tahu staff terlebih dahulu sebelum membuat event tersebut.

Q: Bolehkah memakai elemen budaya dari tahun setelah timeline? Misal, lagu yang keluar setelah timeline?
A: Diperbolehkan, asal cantumkan credit judul lagu dan penyanyinya. Sebenarnya kalau bisa sih disesuaikan dengan timeline, tetapi kalau mentok, tolong jangan disebut dalam deskripsi siapa penyanyinya atau apa judul lagunya.

Q: Apakah esai wajib dikerjakan?
A: Untuk syarat kelulusan, ya. Tapi tentunya, jika post chara Anda sudah menginjak angka 200-an tidak diwajibkan untuk membuat essay bebas. Tetapi jika sebaliknya dan ternyata chara Anda tidak memenuhi, dengan berat hati akan kami hapus chara Anda.



FAQ credit to IndoHogwarts and Q&A.

ラベル:



We wrote @ 0:23, do you have any question, minna-sama?

Click and Leave Your Comment!
コメントを投稿